BERBAGAI MANFAAT SEKAM KULIT PADI


Padi adalah tanaman pangan yang sangat banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman padi dibudidayakan menjadi penghasil beras serta jadikan bahan pangan yang sangat banyak dikonsumsi. Akan tetapi, nyatanya pemrosesan padi jadi beras ini membuahkan sampah bekas berbentuk sekam. Makin banyak produksi beras maka semakin banyak juga sampah Sekam Kulit Padi yang dibuat. 

Sekam padi hasil pemrosesan bisa menjadi sampah serta menumpuk bila tidak digunakan, walau sebenarnya keberadaannya begitu melimpah. Memerlukan pengembangan pemakaian sekam padi ini supaya jadi produk atau bahan yang lebih berguna. Berikut contoh-contoh pemakaian sekam padi yang mungkin dapat diterapkan. 

Briket, Bahan Bakar Alternatif 

Sampah sekam padi bisa di proses jadi beberapa produk turunan, diantaranya ialah briket arang sekam. Hasil penilaian tunjukkan jika dari 100 kg sekam padi hampa, didapat rata-rata 63,93 kg arang sekam. Akan tetapi, kelemahannya briket arang sekam ini lebih gampang terbakar dibanding briket yang lain, seperti briket arang kayu atau tempurung kelapa. 

Proses pembuatan briket ini cukuplah gampang. Arang sekam dihaluskan terlebih dulu dengan alat penepung. Campur tiap-tiap 1 kg tepung arang sekam dengan tepung tapioka seputar 400 gr serta 1,5 liter air. Dengan kombinasi itu dari 1 kg arang sekam, bisa dibuat 553 + 14.06 gr briket. Briket bisa diciptakan berupa kotak persegi atau bulat panjang sama dengan alat cetakannya. 

Briket yang sudah diciptakan lalu dikeringkan dibawah cahaya matahari. Sesudah kering, briket bisa dikemas dalam plastik untuk dipakai pada saat mendatang. Makin halus arang sekam, briket yang dibuat bisa menjadi makin padat serta kompak, karena itu makin lama juga daya bakar briketnya. 


Sekam padi bisa berperan untuk menggemburkan tanah. Abu dari sekam padi nyatanya mempunyai beberapa type unsur-unsur kimia yang baik untuk kesuburan serta dapat juga menggemburkan tanah. Dengan mencampurkan media tanam dengan kompos serta pupuk yang datang dari abu sekam padi, karena itu keadaan tanah itu bisa menjadi lebih baik serta dapat juga jadi lebih gembur, terpenting untuk kepentingan penyemaian biji. 

Tanah yang telah mempunyai kombinasi dari abu sekam padi di dalamnya akan mengakibatkan tingkat kesuburan dari tanaman yang ditanam pada ruang itu bertambah. Hal seperti ini dikarenakan keadaan tanah yang semakin lebih dapat mengikat beberapa jenis unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, hingga tanaman akan mendapatkan konsumsi nutrisi serta unsur hara dengan maksimal serta bisa tumbuh dengan subur. Keunggulan arang sekam lainnya ialah daya taruh airnya yang lumayan besar, hingga gampang terkomposisi, tidak ditumbuhi jamur, serta harga nya relatif murah. 

Silika Gel 

Sekam padi adalah salah satunya sumber penghasil silika paling besar serta punya potensi menjadi bahan pembuatan silika gel. Hasil riset tunjukkan abu sekam padi memiliki kandungan silika sekitar 87%-97% berat kering. Sintesis silika gel dari abu sekam padi dikerjakan dengan mereaksikan abu sekam padi memakai larutan NaOH 1N pada suhu 800C saat 1 jam serta diteruskan dengan menambahkan larutan asam sampai pH 7. Gel yang dibuat setelah itu didiamkan saat 18 jam lalu dikeringkan pada suhu dikeringkan memakai oven pada suhu 800C sampai beratnya stabil. 

Silika gel bisa digunakan menjadi zat penyerap, pengering, serta penopang katalis. Silika gel adalah produk yang aman dipakai untuk mengawasi kelembapan makanan, obat-obatan, bahan peka, elektronik, serta film sekalinya. Produk anti lembab ini menyerap lembab tiada merubah keadaan zatnya. Meskipun dipegang, butiran-butiran silika gel ini masih kering.

Sumber : https://www.pioneer.com/web/site/indonesia/Berbagai-Cara-Pemanfaatan-Sekam-Padi-Menjadi-Produk-yang-Lebih-Bermanfaat


Sekam padi dapat juga dimanfaatkan sebagai alternatif pakan ternak sebagai penganti dedak atau bekatul namun harus di proses dengan tepat dikarenakan sekam atau kulit padi murni tidak memiliki kandungan gizi yang cukup baik sebagai pakan ternak. Cara pembuatan pakan ternak dari sekam padi adalah dengan cara memfermentasi terlebih dahulu dan lebih baik jika sebelum di fermemtasi sekam kulit padi tersebut di giling lembut seperti menyerupai dedak atau bekatul kemudian di campur dengan bahan - bahan pakan yang lain seperti hijuan, konsentrat, polar, dll selanjutnya ditmbahkan aktivator untuk proses fermentasi dan di peram kedalam tong - tong plastik beberapa minggu yang bertujuan meningkatkan kandungan gizi dari bahan- bahan yang di fermentasi.






1 Response to "BERBAGAI MANFAAT SEKAM KULIT PADI"

  1. Hallo Pak , Kami Dari CV. Sekam Dinata

    Butuh Sekam padi Dedak pak :)
    Kami Menyediakan Dengan Kualitas Yang Sangat Tinggi , Jika Berminat Silakan Hubungi Langsung.
    GMAIL: hendydinata19@gmail.com
    Nomor Di Hubungi (WA) : +628126319207

    BalasHapus